Perdagangan elektronik atau biasa disebut dalam bahasa inggris electronic commerce (e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang, dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. e-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi koresial, seperti : transfer dana secara elektronik, SCM (Supply Chain Management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (elekronic data interchage/EDI), dll.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, dimna cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dll.
Sejarah E-Commerce
istilah e-commerce atau perdagangan elektronik berjalan dengan waktu. awalnya perdagangan elektronik ini berarti pemanfaatan transkasi komersial atau pemesanan secara via elektronik.
kemudian berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah lebih tepat yaitu perdagangan web/pembelian barang dan jasa melalui www.
Faktor Kunci Sukses E-Commerce
ada beberapa faktor yang termasuk dalam pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus dan struktur organisasi yang baik sebagai berikut :
1. menyediakan harga kompetitif
2. menyediakan informasi tentang barang dan jasa secara lengkap
3. memberikan perhatian khusus
4. mempermudah kegiatan perdagangan
5. menyediakan jasa pembelian yang cepat dan murah
Selasa, 30 Oktober 2012
Semua tentang e-commerce
Diposting oleh tunjukan kreasimu di blog ku di 13:39
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar